Masakan Ayam Balado Khas Padang

Masakan Ayam merupakan resep masakan favorit Indonesia yang paling dinikmati dan dicari. Salah satunya Ayam Balado Khas Padang
RESEP MASAKAN INDONESIA - Membuat Resep Masakan Indonesia memang ga ada habisnya, bayangkan saja disetiap propinsi  dan kabupaten provinsi di Indonesia hampir semuanya memiliki masakan Khas. Seperti di Aceh, Resep Masakan Ayam Goreng saja ada beberapa macam khasnya tergantung kabupatennya. Di Kabupaten Aceh Besar misalnya terkenal dengan Resep Masakan Ayam Tangkap. Tidak jauh berbeda di daerah lainnya juga seperti itu. 
Masakan Ayam Balado Khas Padang

Untuk Masakan Khas Padang, sebenarnya sudah banyak dan mudah sekali kita dapatkan resep masakannya di Internet. Walaupun begitu Resep Masakan Indonesia tetap mencoba berbagi hasil praktik yang telah dicoba di dapur.  Berikut ini bahan dan komposisi yang kami gunakan ketika membuat masakan ayam balado khas Padang.

Bahan - Bahan Masakan Ayam Balado Khas Padang

  • 1 ekor ayam kampung ukuran sedang.
  • Minyak Goreng secukupnya
  • 1 buah jeruk nipis ukuran sedang

Bumbu yang Dihaluskan :

  • 3 Siung Bawang Putih
  • 6 siung bawang merah
  • 10 buah cabai merah
  • 8 buah cabai rawit (merah)
  • Garam

Cara Membuat Masakan Ayam Balado Khas Padang.

  1. Ayam kampung dipotong 4 atau 6 potong atau bisa disesuaikan dengan selera Anda. Cucilah sampai bersih daging ayam, kemudian ditiriskan sampai tidak ada air lagi.
  2. Lumuri daging ayam dengan air  jeruk nipis sampai merata sambil dipijat-pijat daging ayamnya. Air jeruk nipis berfungsi untuk  menghilangkan bau amis pada daging ayam. Biarkan selama 15 menit agar air jeruk nipis meresap dengan baik.
  3. Siapkan panci, kemudian rebus daging ayam dengan air secukupnya. Untuk merebus daging ayam, perhatikan api kompor jangan terlalu besar, agar daging ayam masak secara perlahan saja. Jika air mulai kering dan daging belum lunak, anda dapat menambahkan air rebusan.
  4. Siapkan wajan penggorengan dan panaskan minyak goreng,lalu gorenglah daging ayam yang telah direbus tadi sampai matang dan berwarna kuning kecoklat-coklatan. Sisihkan daging Ayam.
  5. Siapkan wajan kembali untuk membuat sambal balado. 
  6. panaskan sedikit minyak, kemudian masukkan bahan-bahan yang telah dihaluskan tadi.
  7. Oseng-oseng sampai matang lalu masukkan daging ayam yang telah digoreng sebelumnya.
  8. Aduk rata dengan sambal balado selama kurang lebih 5 menit agar sambal balado meresap ke dalam daging ayam.
  9. Sajikan Masakan Ayam Balado Khas Padang.

Tips Masakan Ayam Balado Khas Padang

Sangat perlu anda perhatikan dalam memilih daging ayam kampung, pilihlah ayam kampung yang tidak terlalu besar dengan usia yang tidak terlalu tua agar daging empuk dan enak. Ketika menggoreng, minyak goreng yang digunakan benar-benar minyak baru bukan bekas dan ketika daging ayam dimasukkan minyak sudah benar-benar panas. Usahakan dalam menggoreng ayam, daging ayam terendam semua kedalam minyak agar mendapatkan matang yang merata. Selamat mencoba dan mempraktikkan.

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.