RESEP KUE LUPIS KETAN MUDAH DAN SEDERHANA

Membuat Resep Kue Masakan Indonesia Lupis Ketan Sederhana Mudah Enak
RESEP KUE LUPIS KETAN MUDAH DAN SEDERHANA | Bosan dengan kue jajanan biasa, coba deh bikin Kue Lupis Ketan, Mudah Sederhana. Kue Lupis sangat cocok untuk disajikan pada pagi hari sebagai sarapan yang mengenyangkan juga cocok dijadikan untuk cemilan sambil berkumpul dengan keluarga di malam hari.
RESEP KUE LUPIS KETAN MUDAH DAN SEDERHANA


Beberapa hari yang lalu saya mencoba mencari jajanan kue lupis ketan yang saat ini sudah jarang kita temui di warung-warung perumahan di sekitar kita. Warung-warung yang menjual menu sarapan pagi agaknya sekarang mulai enggan menjual makanan seperti Kue Lupis Ketan. Walaupun prosesnya tidak sulit dan mudah, tapi memerlukan waktu yang lama untuk membuat Kue Lupis Ketan ini, hal ini menjadi alasan bagi para pedagang tidak menjual makanan ini dan lebih memilih menjual makanan seperti goreng-gorengan yang mudah dan tidak menghabiskan banyak waktu. Padahal Resep Masakan Kue Lupis Ketan ini sangat enak jika kita santap.
RESEP KUE LUPIS KETAN MUDAH DAN SEDERHANA

Bahan utama Resep kue lupis ketan mudah dan sederhana adalah beras ketan dan kelapa. Sebagai saus manis kue lupis ketan kita dapat menggunakan gula merah. Cara membuatnya juga mudah, hanya saja waktu yang diperlukan agak lama karena sebelum diolah, beras ketan harus direndam selama 2 jam. Baiknya jika anda ingin membuat kue lupis maka rendamlah terlebih dahulu beras ketan agar tidak memakan banyak waktu ketika memprosesnya. Ketika merebus ketan juga memerlukan waktu yang lama karena akan menghabiskan waktu sekitar 1,5 jam.  Waktu yang lama akan terbayar dengan kelezatan kue lupis ketan itu sendiri. 

Karena susah mencari dan jarang yang menjual, saya mencoba untuk membuatnya sendiri dengan resep ala Resep Masakan Indonesia sambil mencari tahu kepada sang ibu apa saja yang dibutuhkan. Nah berikut ini langkah dan cara membuat Kue Lupis Ketan Mudah dan Sederhana.

Bahan Kue Lupis Ketan

  • #500 Gr Beras Ketan , selama 2 Jam
  • #1/2 Butir kelapa parut
  • #1 lbr Daun Pandan
  • #1/4 sdt Garam
  • #Daun Pisang secukupnya untuk membungkus
  • #Lidi atau tusuk gigi

Bahan Saus Gula Merah

  • #300 Gr Gula Merah
  • #150 ml air
  • #Garam secukupnya
  • #1 lbr Daun Pandan disimpul.
  • #1 sdm tepung Maizena dilarutkan dengan air jika anda ingin saus gulanya kental.

Cara Membuat Kue Lupis Ketan Sederhana dan Mudah

  1.  Ambil selembar daun pisang dengan lebar 10 cm, bulatkan seperti corong minyak, isi dengan beras ketan yang telah direndam sebelumnya (jangan sampai penuh, sama seperti membuat ketupat atau lontong)
  2. Setelah itu lipat dengan membentuk segitiga dan sematkan dengan lidi atau tusuk gigi. Lakukan sampai beras ketan habis.
  3. Rebus air kemudian masukkan ketan yang telah dibungkus dengan daun pisang tadi (no.2). Rebus dan masak selama kurang lebih 1,5 jam.
  4. Sambil menunggu anda dapat menyiapkan dan memasak saus gula merahnya dengan cara : Rebus gula merah dengan air kemudian beri garam secukupnya serta daun pandan dan tepung maizena, Masak hingga mendidih dan kental.
  5. Lalu buatlah taburan kelapa : Campurkan kelapa parut, 1/4 sdm garam aduk sampai rata lalu masukkan daun pandan. Kukuslah selama 15 menit.
  6. Jika Lupis Ketan tadi sudah matang, Buka bungkus daun pisang lalu guling-gulingkan di atas parutan kelapa kukus (no.5)
  7. Sajikan Resep Kue Lupis Ketan Sederhana Mudah di atas piring saji lalu siram dengan saus gula merah.
Kue Lupis Ketan Sederhana dan Mudah kini dapat anda nikmati bersama keluarga. Selain Kue Lupis Ketan juga dapat anda buat menjadi Kue Ketan Serundeng Khas Betawi yang telah Resep Indonesia posting sebelumnya. Selamat Mencoba.
 

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.